SISWA BARU MASUK SENIN, 13 JULI 2020 MADRASAH HEBAT BERMARTABAT PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) MTs NEGERI 5 KABUPATEN KEDIRI JAWA TIMUR DI TENGAH WABAH COVID-19

PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) MTs NEGERI 5 KABUPATEN KEDIRI JAWA TIMUR DI TENGAH WABAH COVID-19

(MTsN 5 Kediri Profinsi Jawa Timur) Hari ini ( Sabtu, 6 Juni 2020 ) merupakan hari pertama pelaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2019-2020 Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kediri. Menindaklanjuti kebijakan pemerintah tentang pelaksanaan PAT dalam masa darurat pencegahan penyebaran covid-19, maka PAT tahun ini dilaksanakan secara online, sehingga peserta didik dapat mengerjakan dari rumahnya masing-masing.


Penilaian Akhir Tahun yang dijadwalkan hingga tanggal 13 Juni tersebut menggunakan aplikasi CBT Rush. Menurut Kepala MTs Negeri 5 Kediri, Agus Gunawan, M.Pd.I, kelebihan menggunakan CBT Rush lebih valid karena dapat meminimalisir terjadinya kerjasama antar peserta didik ketika dalam proses mengerjakan tes. Kelebihan lainnya adalah nilai hasil dari tes langsung dapat dikalkulasi oleh sistem sehingga bapak ibu guru pengampu mata pelajaran tidak perlu lagi mengoreksi hasil tes peserta didik.


Bagi peserta didik MTs Negeri 5 Kediri tes menggunakan aplikasi CBT Rush sudah tidak asing lagi karena oleh madrasah sistem ini sudah diterapkan pada saat Penilaian Akhir Semester Ganjil kemarin. Hanya saja bedanya, Penilaian Akhir Semester Ganjil dikerjakan di madrasah, tapi pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun ini dari rumah. Karena dikerjakan dari rumah maka jangkauannya akan lebih luas, oleh karena itu membutuhkan layanan yang lebih besar dari server. Hal ini sudah diantisipasi oleh Tim IT sejak awal.``Tetapi lancar tidaknya pelaksanaan PAT tidak hanya dikarenakan faktor server saja, tetapi juga faktor yang datangnya dari peserta didik. Peserta didik harus memiliki akses internet atau koneksi Wifi yang bagus dari Smartphone atau laptop/notebooknya masing-masing. Pesrta didik juga harus menyediakan Random Access Memory (RAM) yang cukup dalam perangkat Hp atau laptop. Oleh karena itu bagi peserta didik yang memiliki banyak aplikasi di Hp atau laptopnya diminta agar menghapus sebagian aplikasi tersebu``, demikian kata Muh. Sukron selaku Koordinator Tim IT saat penyampaian Teknis Pelaksanaan PAT kemarin (5/6).


Persiapan yang dilakukan untuk pelaksanaan PAT CBT Rush selain server yang memadai juga perlu persiapan soal yang akan diujikan. PKM Kurikulum, Andy Priyani, S.Pd. jauh-jauh hari sebelumnya sudah menugaskan kepada guru bidang studi untuk membuat soal pilihan ganda beserta kunci dan kisi-kisinya sebanyak 25 butir soal. Meskipun jumlah soal lebih sedikit dari biasanya namun tidak mengurangi capaian kompetensi dasar yang ada. Kebijakan ini dilakukan karena alasan situasi dan kondisi yang terjadi saat ini. Soal yang telah dibuat oleh guru bidang studi dikumpulkan ke koordinator bidang studi untuk dialihkan ke form exel yang selanjutnya diaplikasikan ke dalam CBT Rush.

Pelaksanaan PAT tahun ini meskipun dilakukan secara online tetapi tetap dibawah kendali Panitia PAT yang juga dilengkapi dengan pengawas ujian. Panitia inti mengendalikan dan memantau jalannya PAT dari madrasah sedangkan pengawas yang terdiri dari semua wali kelas VII dan VIII memantau dari rumah. Semua ini dilakukan agar PAT berjalan dengan lancar dan jika terjadi kendala pada siswa dapat segera diatasi. Untuk mematuhi peraturan pemerintah tentang Social Distancing maka pengawas tetap bekerja dari rumah.


Peserta didik dapat datang ke madrasah  jika tidak memiliki Smartphon maupun laptop atau yang benar-benar terkendala dengan akses internet. Kebijakan ini diambil agar peserta didik dapat mengikuti PAT seluruhnya.


Harapan kami semoga pelaksanaan PAT di MTs Negeri 5 dapat berjalan lancar sesuai dengan jadwal, peserta didik dapat mengerjakannya dengan mudah dan harapan terakhir tentu saja mendapatkan hasil yang memuaskan. Sukses selalu MTs Negeri 5 Kediri.